Welcome to My Website

Menambah widget pada Blogger

Diposting oleh Young Hacker Minggu, 23 Mei 2010

Banyak sekali manfaat WIDGET, selain untuk aksesori (mempercantik Blog, WIDGET juga berfungsi sebagai link, arsip, label, page rank, atau bahkan untuk menambahkan iklan pada Blog. Ada berbagai macam WIDGET yang dapat kita peroleh di dunia maya. Beberapa macam widget tersebut misalnya widget jam, widget page rank, widget alexa, widget traffic counter dan berbagai bentuk widget default yang memang sudah disediakan sebelumnya oleh Google/Blooger. Biasanya Widget didapat dalam bentuk kode HTML/Javascript. Untuk mendapatkan widget seperti yang kita inginkan, bisa dicari dengan mesin pencari seperti Google. Setelah ketemu situs yang dicari, tinggal ikuti caranya yang tercantum dalam situs tersebut. Setelah berhasil, biasanya kita akan mendapatkan kode HTML/Javascript yang dapat kita pasang di Blog sesuai keinginan kita. Untuk beberapa widget juga sudah saya post kan diblog ini.

Nah, untuk memasangnya ke dalam blog kita (blogspot), Langkah-langkahnya yaitu :
1. Masuk (Log in) situs Blogger dan masukkan username serta password
2. Klik Tata Letak (Lay Out) yang ada pada pojok kiri atas
3. Pilih Elemen Halaman (Page Element)


Pada elemen halaman ini akan terlihat gambaran Blog kita secara umum, yang memuat tata letak berbagai macam widget yang kita pasang, letak halaman posting dan lain sebagainya.

4. Klik Tambah Gadget (Add Gadget)
5. Pada halaman baru yang muncul, Kawan2 bisa memilih berbagai macam IWidget yang sudah disediakan oleh Google/Blogger. Atau jika sudah memiliki kode Widget sendiri, tinggal klik tanda + pada HTML/Javascript.


6. Muncul kolom baru yang terdiri dari kolom judul dan konten


7. Isikan judul yang diinginkan, jika tidak menghendaki dapat dikosongkan
8. Paste kode HTML/Javascript yang telah diperoleh pada kolom konten
9. Klik Simpan (Save Changes)
10. Sekarang Blognya sudah lebih cantik, kan?

0 komentar

Posting Komentar