Welcome to My Website

Cara Membuat Facebook Lebih Ringan dan Cepat

Diposting oleh Young Hacker Sabtu, 22 Mei 2010

Pengguna situs jejaring sosial yang satu ini kian membanjir. Facebook yang diklaim memiliki 350 juta anggota ini kini muncul sebagai 3 besar situs paling sering diakses di dunia.

Akibat banyaknya pengguna, Facebook pun semakin berat dan sulit diakses. Terutama oleh pengguna yang memiliki akses internet lambat. Bagaimana cara mengatasinya? Best Hacker Web akan mencoba memberikan solusi untuk Anda. Ini dia!

1. Hindari Membuka Banyak Situs dalam Waktu Bersamaan

Dengan hadirnya fitur tab di browser, sering kali kita membuka beberapa situs dalam waktu yang hampir bersamaan. Saat menunggu yang satu sedang loading, Anda membuka situs yang lain. Namun, tahukah Anda kalau itu justru membuat proses loading lambat hingga akhirnya error?

Ya. Saat membuka banyak situs dengan fasilitas tab, otomatis speed internet kita akan di-share. Situs yang “ringan”lah yang biasanya akan mengambil bagian lebih banyak, sedangkan situs “berat” akan error. Makanya, tutuplah tab-tab yang ada terlebih dahulu, terutama mengakses Facebook.

2. Hilangkan Notification dari Aplikasi-Aplikasi yang Tidak Berguna

Saat kita mengakses dan memberikan izin pada suatu aplikasi, secara otomatis aplikasi akan terus mengirimkan notification (pemberitahuan) tentang perkembangan aplikasi tersebut. Baik: score, rekor, dan informasi lainnya.

Dan karena sifatnya yang real-time, tentu suatu saat akan mengganggu kita dalam mengakses sesuatu. Maka sebaiknya dihilangkan saja. Caranya:

  1. Klik kanan pada icon Notification di sebelah kanan bar, di bawah layar Anda
  2. Pilih Open in New Tab
  3. Setelah muncul, lihat di sisi kanan, di mana terdapat box berjudulkan “Show notifications …”
  4. Kemudian pada bagian “Applications you’ve authorized”, hapus semua centang pada aplikasi-aplikasi yang tidak perlu
  5. Selesai! Sekarang, Anda tidak akan lagi menerima notification dari aplikasi-aplikasi tersebut

3. Gunakan Versi Lite

Tahukan lite.facebook.com? Ya, Facebook memang mengeluarkan banyak versi untuk diakses. Ada www.facebook.com untuk tampilan penuh di komputer desktop, m.facebook.com untuk tampilan sederhana di hp, atau touch.facebook.com untuk Anda pengguna ponsel layar sentuh.

Dan lite.facebook.com adalah versi minimalis dari Facebook untuk Anda pengguna komputer desktop. Dengan tampilan minimalis, situs ini lebih cepat dan bandel diakses. Baca di sini, untuk selengkapnya.

4. Hilangkan Tampilan Gambar

Masih lambat juga meski gunakan versi Lite? Ya sudah, coba ikuti tips ini! http://tenexgen.wordpress.com

Caranya adalah Anda cukup menghilangkan opsi “Tampilkan Gambar” di browser Anda. Untuk Mozilla, klik Tools > Contents/ Isi > hilangkan pilihan di “Tampilkan gambar secara otomatis/ show images automatically”. Sedangkan untuk Internet Explorer, Opera, dan lain-lain, caranya hampir sama.

Alhasil, tampilan di layar akan kosong oleh gambar, dan hanya disesaki oleh teks-teks saja. Semoga lebih cepat!

5. Akses dari Situs Mobile

Apakah masih terasa lambat juga? Dan inilah solusi terakhir yang dapat menyelesaikan masalah itu. Saatnya Anda mencoba mengakses situs mobilenya dari browser desktop.

Masukkan alamat m.facebook.com ke adress bar, dan klik Go! Atau bisa juga klik di sini.

Dan setelah dicoba, tampilannya sama persis seperti di ponsel. Semuanya tampil dengan format sederhana yang bersusun dari atas ke bawah, dengan teks saja.

0 komentar

Posting Komentar