Welcome to My Website

Facebook Lite, Facebook Khusus Koneksi Internet Lambat dan Ponsel

Diposting oleh Young Hacker Selasa, 25 Mei 2010

Pertumbuhan internet mobile saat ini memudahkan siapapun bisa mengakses internet dari mana saja melaui ponsel, dan Facebook adalah satu dari sekian banyak situs yang sering dikunjungi para pengguna internet mobile.

Minggu ini, Facebook telah mengeluarkan pilihan interface untuk website-nya, yakni Facebook Lite. Menurut note yang di-posting Facebook Lite menjadi website yang memiliki loading cepat dan simple, namun pengguna juga dapat menggunakan Facebook regular. Menurut Facebook, Facebook Lite ini lebih simple, mulai dari wall dan link besar yang mengarah ke foto dan informasi profil.

Hal ini kemudian menjadi pertimbangan Facebook untuk meluncurkan versi sederhana situs mereka yang diberi nama Facebook Lite. Pengembangan yang dilakukan Facebook ini fokus pada perubahan bentuk dan fitur situs yang lebih sederhana. Dengan begitu, Facebook dengan tampilan simpel ini mudah diakses di negara-negara dengan kapasitas bandwidth terbatas. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang mengaksesnya melalui ponsel.


i4u, Minggu (13/9/2009) melansir, juru bicara Facebook menyebutkan untuk saat ini Facebook Lite baru tersedia di AS dan India. Dari sisi desain, Facebook Lite pada dasarnya merupakan streamlined ‘feed’ version yang berfungsi sebagai stream update.

Pada feed tersebut nantinya akan tampil newsfeed up top, stories feed, note feed, photo dan video section, serta events feed. Jika melihat tampilannya, Facebook Lite memang mirip dengan layanan Twitter. Dimana terdapat linear stream status update teman Facebook yang mendominasi halaman.

Beberapa pengamat di industri situs jejaring sosial bahkan menilai Facebook Lite merupakan bagian dari upaya Facebook untuk bersaing lebih ketat dengan Twitter dalam hal kemampuan pencarian serta real time news.

Rencananya Facebook akan memperluas layanannya tak hanya di AS dan India tetapi juga di negara-negara lainnya. Karena fiturnya yang cocok untuk akses melalui ponsel, Facebook Lite pun menetapkan sasarannya dengan lebih utama membidik negara-negara dengan keterbatasan kapasitas bandwith yang banyak memiliki pengakses Facebook dari ponsel.

Untuk posting comment ke profil teman di Facebook Lite juga sangat mudah, sedangkan link yang biasa ada di bawah dashboard Facebook regular juga sudah dihilangkan. Facebook Lite sendiri ditujukan untuk user yang bermain Facebook dengan koneksi Internet yang lambat, apalagi mengakses jaringan social tersebut dari sebuah komputer ‘lama’ dengan akses Internet yang lambat.

“Pertanyaannya sekarang, mengapa Facebook harus menunggu lama, untuk menjadi Lite? Kenapa Facebook harus menunggu ketika banyaknya competitor jejaring social termasuk Twitter yang kemudian berkembang cepat, untuk membuat Facebook Lite ini?” seperti yang tertulis dari Channel Web. Jika diamati, Facebook dan Twitter memiliki banyak kesamaan, seperti desain, kemudahan untuk update, dan platform yang bagus untuk promosi berbagai informasi.

0 komentar

Posting Komentar